Wednesday, September 26, 2007

Anjing ngomong? - Dogs do Talk

Ngomong
Anjing bisa ngomong? Eh iya dong.. tapi bukan ngomong berkata-kata kayak kita ginih. Dia memberi isyarat, berita dengan gesture tubuhnya.

Kita mungkin paling mahfhum dengan isyarat anjing menggoyang ekornya, itu artinya dia senang. Kalau menggoyang ekor, lalu duduk hingga perutnya menyentuh tanah, lidahnya keluar dengan mata bersinar-sinar apa artinya? Pengalamanku dengan Belle, setiap kali dia bersikap seperti itu artinya dia pingin main.

Belle punya bola basket yang khusus untuk dia. Nah, kadang dia menggiring bolanya ke hadapanku, artinya ya dia pengin main bola. Atau kadang dia bergaya siap lari, kakinya ditekuk rendah, ah... itu mau main kejar-kejaran tuh... yang bikin aku ngos-ngosan sesudahnya.

Ada banyak cara anjing berkomunikasi dengan kita pemiliknya. Apabila kita cukup meluangkan waktu dengannya kita akan tahu cukup banyak kapan dia sedih, kapan dia senang, kapan dia ingin sendiri, kapan dia ingin main, kapan dia ingin diajak jalan-jalan, kapan dia kesakitan, kapan dia bilang dia sayang dengan kita.

Contoh yang lain misalnya ketika anjing senang ekornya akan berdiri dan relax, mulutnya terbuka dan lidahnya menjulur keluar. Kalau dia berlari-lari kecil mengelilingi kita atau berputar artinya ingin perutnya diusap, dielus-elus gitu loh!
(gambar atas : anjing jenis basset hound)

Dia juga bisa menunjukkan rasa percaya diri dengan berdiri dengan telinga tegak dan ekornya bergoyang perlahan, matanya menatap langsung pada kita. Atau ketika anjing kita merendahkan kaki depannya dan mengangkat pantatnya tinggi seolah sedang menyembah (seperti postur yoga downward facing dog) artinya dia merasa pengin main dan sungguh-sungguh berkata, "Let's play!"

Begitupun dengan gonggongan. Anjing menggonggong selama bermain mengekspresikan kebanggaan dan kebahagiaannya dan dia mencoab bilang, "Look at me!" Sebaliknya anjing yang menggonggong saat ada orang asing mendekat artinya dia memberi peringatan dan menyampaikan, "I'm protecting you."

Seperti juga manusia, kadang-kadang anjing merasa tidak aman dan takut pada situasi yang dihadapinya. Kita dapat merasakan saat anjing kita merasa sedikit tidak aman jika dia terus menjilat hidungnya saat kita bicara padanya. (tapi kadang-kadang anjing juga menjilat hidung mereka kalau ingin membasahi hidungnya atau saat sedang membaui sesuatu, jadi sangat tergantung pada situasinya untuk memahami anjing kita)

Jika ekor dan kupingnya jatuh, kepalanya tertunduk dan punggungnya melengkung artinya dia takut. Kadang dalam situasi ini dia memperlihatkan giginya, mungkin menggeram atau mendengking dan tubuhnya gemetar. Dan jika anjing kita bersembunyi di bawah meja atau di antara kaki kita, dia mencoba bilang dia merasa tidak aman. Untuk membantunya dalam situasi ini adalah dengan berbicara lembut dan mengusapnya penuh kasih untuk memberi rasa tenag dan aman.

Kayaknya masih ada tentang dogs talk nih..... tapi ntar lagi yah....

No comments: