Wednesday, September 26, 2007

Sedikit tentang Anjing - Little About Dog

Anjing (Canis lupus familiaris) adalah domestic subspecies dari srigala (wolf), kelas mamalia dari keluarga Canidae dan termasuk ordo Carnivora. Dibedakan menurut jenis anjing liar (feral) dan jenis anjing peliharaan (pet). Keluarga Canidae sendiri terdiri dari dogs, wolves, foxes, coyotes, dingoes, jackals, and lycaons.

Dalam sejarah manusia, anjing dikenal bisa bekerja sama dengan manusia, sebagai penjaga, pemburu, sebagai teman bermain, sebagai teman saja, dan yang paling menyedihkan di beberapa kebudayaan juga sebagai sumber makanan (food source).

Anjing kini telah berkembang menjadi ratusan jenis breeds. Dari yang paling pendek seperti jenis Chihuahua sampai yang tingginya lebih dari 3 kaki (rata-rata 90 cm/36 ") seperti Irishwolf Hound (gambar samping); warnanya bervariasi dari putih, abu-abu sampai hitam, dari warna coklat muda sampai coklat gelap dengan variasi pola yang sangat luas; bulunya bisa sangat pendek sampai sangat panjang hingga beberapa centimeter, dengan bulu yang kasar, halus, tebal seperti wool, lurus, ataupun keriting.

Istilah dog breed sering digunakan. Breed berarti sekelompok anjing yang mempunyai banyak kemiripan atau hampir identik dalam karakteristik penampilan atau tingkah laku atau keduanya, utamanya karena mereka datang dari nenek moyang yang mempunyai karakteristik yang sama.

Anjing-anjing telah terseleksi untuk karakteristik khusus selama ratusan tahun. Seleksi ini asalnya berkisar pada domestication atau behavior yang berguna misalnya kemampuan untuk berburu. Belakangan anjing juga diseleksi berdasarkan bentuknya yang atraktif dan distingtif sehingga melahirkan varietas yang banyak.

Sumber : Wikipedia

No comments: