Thursday, September 27, 2007

Ayo Mandi ! - Bathing Time


Anjing perlu mandi? Iya dong. Kayak kita juga. Mandi membuat dia merasa segar, bersih dan bulunya menjadi halus dan bersinar. Sebaiknya mandikan anjing seminggu sekali untuk menjamin bulunya tidak kasar dan kering. Tapi sebenarnya frekuensi mandi ini tergantung jenis anjingnya -breed- dan kegiatan yang dilakukannya. Cara paling mudah untuk mengetahui kapan waktu untuk mandi adalah: lihat dan baui. Kalau kelihatan kotor dan atau sudah bau 'anjing', nah itu artinya memang sudah waktunya untuk mandi. Gampang kan?

Pilihlah shampoo khusus untuk memandikan anjing. Bila kita berbelanja di pet shop biasanya pilihan shampoo begitu banyak, sampai kita sendiri bingung mau pilih yang mana. Wangi-wangi lagi.... Setahu saya ada beberapa pilihan merk. Pilih saja yang mana suka. Baca instruksinya karena beda shampoo sering kali juga beda tujuan pemakaiannya. Ada yang biar bulunya lembut, halus. Ada yang sekalian penghilang kutu (biasanya aromanya nggak wangi-wangi amat). Ada yang supaya aromanya sehabis mandi menjadi segar dan harum. Ada yang gampang dibilas (untuk anjing yang males mandi), ada yang untuk kulit kering dan gatal. Yah pastikan saja kita memilih yang tepat untuk anjing kita.

Yang pasti sebaiknya setiap memandikannya kita menggunakan shampoo khusus untuk anjing, karena pH shampoonya memang berbeda dengan pH shampoo kita yang lebih asam (pH untuk kita yang baik 5,5) Nah untuk anjing, shampoo yang terlalu asam ini menyebabkan bulunya kering dan kasar.

Di samping menjaga kesehatan kulit, kebersihan, keindahan dan kelembutan bulu-bulunya, mandi juga menjadi saat kita bisa lebih dekat dengan anjing kita. Saat itu kita bisa menjalin ikatan yang kuat dengan mereka dengan cara bercakap-cakap dengannya, atau mungkin awalnya kejar-kejaran dulu, (karena biasanya mereka juga ogah-ogahan kena air meskipun setelah basah malah mau main air terus;)). Buatlah mandi menjadi menjadi sesi yang menyenangkan bagi anjing maupun bagi kita.

Sediakan handuk untuk mengeringkan bulunya. Saat mengeringkan bulunya pastikan daerah dibawah lipatan kaki (selangkangan) di setiap kakinya betul-betul kering untuk menghindari jamur. Sebaiknya jangan menjemur anjing dengan harapan agar bulunya cepat kering. Terutama untuk anjing yang bulunya tebal dan panjang. Karena nantinya keringnya hanya di permukaan saja. Sedangkan di bagian dalam tetap lembab yang bisa mengundang penyakit kulit. Lebih baik keringkan sebaik mungkin dengan handuk dan biarkan dia berangin-angin hingga bulunya benar-benar kering seluruhnya.

Kalo mau ada juga yang namanya pet drying towel. Handuk ini emang khusus buat hewan peliharaan, jadi kemampuannya menyerap air sangat besar. Jadi pekerjaan mengeringkan jadi lebih mudah. Bagaimana dengan hair dryer? Ah, kalo mau juga jangan pake hair dryer kita. Salah-salah bisa kebakar anjing kesayangan kita. Tapi ada kok yang khusus untuk itu, istilahnya... yoi...pet dryer. Bedanya dengan hair dryer adalah suhunya yang lebih rendah dan anginnya lebih banyak. Tidak terlalu panas tapi anginnya kencang gitu lho....!

Setelah itu bulunya bisa kita sisir dengan sisir khusus untuk anjing yang berbeda-beda juga bentuk dan kegunaannya sesuai panjang pendeknya bulu anjing kita. Contoh sisir untuk kutu seperti gambar di bawah.

Selain shampoo bisa juga anjing kita beri bedak (khusus untuk anjing) saja dalam keadaan kering, kemudian bulunya disisir perlahan.

Tetapi lebih baik anjing kita dibiasakan mandi. Apalagi kalau kita memeliharanya sejak kecil, urusannya akan lebih mudah. Kita bisa membiasakan mandi sejak kecil. Seandainya kita memelihara anjing yang sudah dewasa, yang sempat tumbuh di alam liar, sehingga mandi belum menjadi kebiasaannya, kita bisa mengusahakan kebiasaan mandi ini perlahan-lahan. Tidak perlu terburu-buru. Kita harus menyakinkan anjing kita bahwa mereka dapat mempercayai kita sepenuhnya. Beri mereka perlakuan yang baik. Beri pujian, beri hadiah untuk setiap kelakuan baik yang mereka kerjakan. Perlahan nantinya akan terjalin ikatan yang kuat. Setelah itu percayalah bahwa semua akan berjalan lancar.

Tips : untuk kita yang tinggal di daerah tropis, sebaiknya memandikan anjing tidak pada saat panas terik. Pilihlah hari yang cerah saja, tidak terlalu panas. Supaya bulu-bulunya bisa kering sempurna, tidak kering di luar, lembab di dalam.

Selamat mandi!

No comments: