Thursday, September 27, 2007

Anjing Ngomong ? (II) - Dogs do Talk Part II

Ekor
Menyambung tulisan kemaren tentang bahasa anjing, goyangan ekornya juga memiliki arti. Jika anjing kita menggoyang ekornya, itu artinya dia sedang senang kan? Oh ya, tentu. Tapi tidak selalu. Karena bisa juga itu menandakan dia sedang terlalu gugup atau terlalu senang.

Ada beberapa arti umum yang bisa kita jadikan acuan untuk goyangan ekor ini:
  • Goyangan ekor yang lebar dan tidak terlalu cepat artinya anjing kita senang dan dia juga senang terhadap kita.
  • Goyangan ekor dari satu sisi ke sisi lain dengan gerakan pendek dan cepat artinya anjing kita senang sekali, sedang bergairah (untuk) melihat/melakukan sesuatu.
  • Goyangan lemah dengan kepala menunduk artinya anjing kita tidak merasa aman atau dia sedang mencoba untuk memahami situasi sekelilingnya.
  • Bila ekornya tegak atau digoyang ke atas, melengkung ke punggungnya dengan gerakan singkat dan cepat artinya dia tidak ingin diganggu.
Itu beberapa makna goyangan ekor anjing. Lucu ya.... melihat artinya sangat berbeda untuk setiap arah dan kecepatan goyangan ekor yang berbeda ;)

Bulu-bulu
Lainnya lagi kalau kita melihat anjing dengan bulu-bulu di belakang lehernya berdiri (kalo di kita namanya bulu kuduk gitu..). Itu tidak selalu berarti dia sedang takut atau marah (seperti kita kalo bulu kuduk berdiri, pasti lagi takut tuh...), tapi lebih kepada keadaan siaga penuh terhadap seseorang atau sesuatu.

Hidung
Kalau tentang penciumannya, sudah pada tahu kan kalau anjing punya penciuman yang tajam. Jadi kalau dia sedang sibuk mengendus-ngendus sesuatu artinya dia sedang tertarik, ingin tahu apa itu, entah untuk menemukannya, atau menentukan benda apa itu atau memberi tahu apakah seseorang atau sesuatu ada di suatu tempat tertentu (yang mencurigakan).
(gambar atas: border collie, what's she doing?)

Senyum

Kita semua pasti senang saat melihat anjing kita tersenyum (tersenyum? yang bener nih..?) Ya dia senyum. Cobalah perhatikan. Ada saat-saat anjing kita tersenyum pada kita. Mungkin saat dia menyambut kita sepulang kerja dan langsung lari ke pangkuan, atau saat kita main lempar tangkap, atau waktu kita mengelus-elus perutnya, punggungnya, kepalanya. Memang ekspresi wajah anjing terbatas dibanding ekspresi wajah manusia (ya..iyalah...). Tapi tetap ada emosi yang jelas terlihat saat kita melihat mulutnya terbuka, lidahnya menjulur keluar dan dia bernapas pendek (seperti saat kita sedang terengah-engah...he...he..he...) Pokoknya dia seperti mau bilang pada kita begini, "I'm having the best time!"

Kesimpulan
Cara terbaik untuk membuktikan that dog do talks adalah habiskanlah lebih banyak waktu dengan anjing kita. Perhatikan dia dalam setiap situasi dari acara bermain sampai jalan-jalan. Juga bicaralah padanya sesering mungkin. Anjing memahami perbedaan nada dan keras lemahnya suara. Beri banyak senyum. Dia tahu itu ekspresi yang artinya bagus baginya.

Dengan banyak menghabiskan waktu bersama dengan anjing kita, kita akan belajar lebih banyak tentang bagaimana bicara dengannya, dan dia juga belajar lebih baik untuk memahami bahasa kita.

So.... do your dogs talk?

No comments: